Kamis, 22 November 2012

Langkah-langkah menginstall Personal Computer / PC

1.      Pesiapkan alat dan bahan yang diperlukan.
2.      Ambil motherboard dan letakkan ditempat yang aman, dan usahakan motherboard diberi 
alas untuk menghindari kerusakan komponen atau listrik statis.
3.      Persiapkan juga buku manual dari tiap-tiap komponen PC, bila mana sewaktu-waktu 
diperlukan.
4.      Pasanglah processor pada socketnya (tempatnya) dan perhatikan tanda yang ada pada socket tersebut  (tidak boleh terbalik).  Kemudian, kuncilah dengan tangkai penguci yang berada di sisi socket processor. Jika dalam pemasangan processor masih bingung / kurang jelas gunakan buku manual sebagi panduan Anda.
5.      Pasanglah heatsink dan kipas (fan) processor untuk menjaga kestabilan kinerja processor dan untuk menjaga temperature processor.
6.      Pasanglah RAM (Random Access Memory) pada socketnya hingga RAM benar-benar terpasang dan terkunci.
7.      Pasang motherboard pada casing menggunakan obeng dan baut dengan hati-hati, usahakan memasang motherboard dengan benar dan aman.  Sehingga tidak akan terjadi pergeseran tata letak komponen nantinya.
8.      Pasanglah kabel catu daya motherboard yang ada pada power supply.
9.      Pasanglah CD / DVD drive, Floppy drive dan juga harddisk pada casing CPU menggunakan obeng dan baut.  Pasang dengan benar dan aman.
10.  Hubungkan hardisk, floppy drive dan juga CD / DVD drive ke sumber tegangan (power supply).
11.  Hubungkan harddik, floppy drive dan juga CD / DVD drive ke motherboard menggunakan kabel IDE atau SATA atau ATA.  Sesuai dengan manufacture drive tersebut.
12.  Bila motherboard anda tidak memiliki VGA Card onboard dan LAN Card onboard, pasanglah VGA Card dan LAN Card secara offboard, dapat memanfaatkan slot PCI atau PCIe untuk memasang peripheral tersebut dengan benar dan aman.  Pada slot PCI atau PCIe anda dapat memasang peripheral lain seperti Sound Card, TV Tunner dan lain peripheral yang mendukung slot PCI atau PCIe sebagai slot connectivity MB-nya.
13.  Yang terakhir, jangan lupa untuk memasang power button cable, indict. Lamp cable, reset cable, hdd indict.lamp cable pada panel motherboard Anda.  Jika Anda tidak tahu urutan pemasangannya, silahkan lihat buku panduan.
14.  Setelah itu, tutup casing CPU dan cek apakah masih ada komponen CPU yang terpasang secara kendur denagan cara menggoyang-goyangkan CPU.
Hubungkan CPU dengan sumber tegangan,  serta monitor, keyboard, mouse, sound, dan peripheral lainnya untuk mengecek apakah CPU yang telah kita rakit dapat menyala dan berfungsi dengan baik atau tidak.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar